Diklat Rescue Senkom di BASARNAS Kal Sel 2018

Senkom Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Basarnas Provinsi Kalimantan Selatan telah sukses melaksanakan kegiatan Diklat SAR (Search and Rescue) yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu Hari Senin dan Selasa tanggal 19 dan 20 Nopember 2018. Acara ini dibuka oleh Kapolda Kalsel yang diwakili oleh Kabid Humas Polda Kalsel yaitu AKBP Moch. Rifai. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh ketua Basarnas Kalsel Bapak Mujiono, serta Danrem 623 dan Ketua Senkom Kalimantan selatan H. Muhammad Sirot.

Pelaksanaan Diklat Rescue Senkom dibagi menjadi dua tempat. Pembukaan Diklat Rescue Senkom dilaksanakan di Aula Basarnas Prov. Kalsel yang terletak di Jl. A. Yani, Landasan Ulin Tim., Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Kemudian untuk materi tentang teori dilaksanakan di kantor Senkom Kalimantan Selatan Jalan A.Yani, Karang Mekar (dekat Flyover), Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kemudian di hari kedua acara beralih ke Danau Seran banjarbaru karena materi pada hari kedua difokuskan untuk praktik pertolongan di Air.

Acara ini diikuti oleh peserta sebanyak 130 orang yang terdiri dari 11 Kabupaten / Kota di Kalimantan Selatan. Adapaun pemateri sendiri adalah para Rescuer dari Basarnas dan bahkan ketua Basarnas Prov. Kalsel Bapak Mujiono sendiri juga menyempatkan diri untuk memberikan materi. Untuk materi selengkapnya bisa dilihat disini.

Untuk Senkom Kabupaten Banjar sendiri mengirimkan anggotanya sebanyak 8 orang untuk mengikuti acara tersebut. Para anggota terlihat antusias dalam mengikuti diklat tersebut, walaupun tidak bisa berenang namun tetap ikut materi kegiatan run and swim namun tetap menggunakan pengaman life jacket.

Secara keseluruhan acara tersebut berjalan dengan aman dan lancar sesuai harapan. Setelah mengikuti diklat ini para peserta mendapatkan sertifikat dan kartu anggota Senkom Rescue sehingga diharapakan para peserta memiliki bekal dalam melaksanakan pertolongan di lapangan.

0 comments